TWITTER

OPINI
LINK TERKAIT
Penguatan Nilai Pancasila dalam Menjaga NKRI
Ditulis oleh : Putu Suryasih | 05 September 2018 - 09:24:25 WIB

 Anggota DPD/MPR RI dapil Bali Gede Pasek Suardika (GPS) mensosialisasikan 4 Konsensus Dasar Bernegara yang mengusung tema "Penguatan Nilai-nilai Pancasila dalam Menjaga NKRI bagi Generasi Milenial" kepada ratusan pelajar SMAN 1 Semarapura, Klungkung, Selasa (4/9).

GPS mengajak ratusan pelajar yang notabene generasi milenial itu untuk berguru pada kenyataan masa lalu, tepatnya di awal aba ke-20. Menurut dia, saat itu tokoh-tokoh bangsa Indonesia sudah mengikatkan diri pada komitmen dan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Sehingga refleksi kekuatan komitmen seperti ini, harus dijadikan memicu kekuatan generasi muda untuk mewujudkan Indonesia lebih baik, sejahtera, Indonesia yang plural dan ber-Bhinneka. "Dengan merefleksikan komitmen para pendahulu bangsa ini, seharusnya generasi muda lebih kuat lagi merajut persatuan, menjaga NKRI tercinta," terangnya.

Refleksi perjuangan para pendahulu, tambah dia, juga dapat dijadikan pemicu semangat generasi milenial untuk menggapai masa depan dalam era tanpa batas, era teknologi informasi yang perkembangannya sangat cepat. "Generasi muda harus meningkatkan disiplin diri dalam menghadapi perkembangan pesat," imbuh alumni KMHDI ini.

Meskipun generasi milenial hidup di zaman pasca penjajahan, namun bukan berarti berhenti berjuang. Sebab menurutnya masih banyak 'penjajah' tak kasat mata yang harus ditumpas, diantaranya kebodohan, kemiskinan, proxy war, dampak negative teknologi, bahaya narkoba, sex bebas, terorisme, premanisme, hingga oknum yang ingin merong-rong keutuhan NKRI.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, cara terbaik bagi generasi milenial menumpas penjajah 'model baru' itu dengan cara belajar, menuntut ilmu setinggi mungkin, bahkan hingga ke luar negeri. "Setelah kompetensi cukup, bangunlah bangsa ini. Terjunlah sesuai bidang dan menjadi pemenang di masing-masing posisi. Ingat bidang politik juga sangat penting," dia mengingatkan.

Sementara itu, Plt Kepala SMAN 1 Semarapura I Putu Suardi,S.Pd.,M.Pd, mengaku gembira karena Senator RI Pasek Suardika memilih sekolah yang dipimpinnya sebagai tempat sosialisasi 4 pilar bernegara. Selain memberi wawasan cinta Tanah Air, kehadiran mantan Ketua Komisi III DPR RI itu juga mampu memotivasi peserta didiknya menjadi orang yang lebih baik kedepan.

Ia berharap, ketokohan GPS yang diakui di kancah nasional mampu menular ke peserta didiknya kelak. Selaku pendidik, ia mengungkapkan, sosialisasi kebangsaan harus semakin sering disampaikan kepada pelajar, untuk mengantisipasi terjadinya degradasi moral yang melanda penerus bangsa ini.

Sumber :

Fajar Bali Rabu, 05 September 2018 Halaman 7

JAJAK PENDAPAT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 72447 kali