TWITTER

OPINI
LINK TERKAIT
GPS : Yang Nolak Salah Hitung
Ditulis oleh : Putu Suryasih | 15 Oktober 2018 - 13:18:24 WIB

 Pertemuan IMF-WB di Nusa Dua, Bali, telah berakhir dengan lancar sesuai harapan, Minggu (14/10) kemarin. Anggota DPD RI Dapil Bali Gede Pasek Suardika (GPS) mengaku lega dan memberikan apresiasi kepada pemerintah, masyarakat Bali dan seluruh elemen yang bahu membahu menyukseskan agenda akbar tersebut.

Ia menekankan, IMF-WB annual meeting memberi manfaat besar untuk Bali dan sekitarnya. Sehingga ia menyebut pihak-pihak yang mempermasalahkan atau menolak pertemuan itu salah hitung. "Bayangkan saja lebih dari 30 ribu orang dari berbagai negara dan tingkat ekonomi menengah keatas berkunjung ke Indonesia (Bali), mereka berbelanja, mengunjungi sejumlah obyek wisata, betapa besar keuntungan Indonesia," kata dia di Denpasar, Minggu (14/10).

Dia memprediksi, masing-masing delegasi memiliki budget belanja US 3000-5000, sehingga uang yang berputar di Bali selama sepekan mencapai Rp 3-4 Triliun dan dinikmati langsung oleh pelaku pariwisata. Jumlah itu jauh lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk memfasilitasi pertemuan orang-orang penting tersebut. Belum lagi keuntungan fisik berupa infrastruktur yang didapatkan Bali. "Perlu dicatat, ini pertemuan terbesar sepanjang pertemuan IMF-WB,"imbuhnya.

Yang tak kalah penting, lanjut GPS, dalam pertemuan IMW-WB itu, membuat fungsi diplomasi Indonesia sangat strategis ketika pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sejumlah negara-negara besar yang sedang bertempur oleh kepentingan ekonominya, bahwa siapapun yang memang dan kalah akan sama sama menikmati kehancuran.

Pidato tersebut, menurutnya luar biasa, bahkan turut diapresiasi pemimpin-pemimpin dunia. "Pidato itu disampaikan dengan gaya milenial, bagaimana mengingatkan seseorang tanpa membuat mereka tersinggung. Saya rasa ini meningkatkan posisi tawar Indonesia dimata dunia,"kata GPS memungkasi.

Sumber :

Fajar Bali Senin, 15 Oktober 2018 Halaman 12

JAJAK PENDAPAT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 74438 kali